Ivan Rizki dan Gracia Karen Dinobatkan menjadi Duta Kampus UNS 2022

Ivan Rizki dan Gracia Karen Dinobatkan menjadi Duta Kampus UNS 2022

UNS — Muhammad Ivan Rizki dan Gracia Karen Sukmana dinobatkan menjadi Duta Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta 2022. Penobatan tersebut berlangsung dalam acara Malam Final Pemilihan Duta Kampus UNS di Gedung UNS Tower Ki Hadjar Dewantara, Jumat (3/6/2022). Acara ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Dies Natalis ke-46 UNS.

Acara ini dihadiri Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, Ketua Dies Natalis ke-46 UNS, Prof. Reviono dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS, Budhi Widjajanti Jamal Wiwoho, S.E. Selain itu, beberapa dekan dan kepala biro di lingkungan UNS juga turut hadir dalam malam final tersebut.

Muhammad Ivan Rizki merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian (FP). Sementara, Gracia Karen Sukmana merupakan mahasiswi D-3 Kebidanan Sekolah Vokasi (SV) UNS. Setelah melalui proses seleksi yang dimulai sejak April 2022, mereka akhirnya berhasil menyandang Juara 1 Duta Kampus UNS 2022.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho juga mengapresiasi seluruh finalis Duta Kampus UNS.

“Saya mengapresiasi para duta kampus yang telah melalui tahapan panjang. Mahasiswa UNS tidak hanya harus pandai dalam kuliah saja, tetapi juga dalam banyak hal. Seperti program MBKM yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek,” tutur Prof. Jamal saat memberikan sambutan sebelum penobatan.

Penobatan ini ditandai dengan pemberian selempang juara dari Juara 1 Duta Kampus UNS 2021. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian piala dan hadiah oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho.

Muhammad Ivan Rizki mengaku tidak menyangka ketika dirinya dinobatkan menjadi Juara 1 Putra Duta Kampus UNS tahun ini.

“Kesan tentu tidak terduga karena kita udah sama-sama melewati perjalanan sekitar 1 bulan, jadi udah tau satu sama lain. Ini menjadi tantangan untuk menjalankan program-program dan kegiatan yang berhubungan dengan duta kampus dan UNS. Mohon doa, dukungan, dan bimbingan dari teman-teman semua dalam mengemban amanah ini,” ungkap Ivan saat diwawancarai seusai penobatan.

Mahasiswa semester empat tersebut mengusung program pengembangan masyarakat dengan beberapa program kerja yang akan bekerja sama dengan Kampung Batik Laweyan dan website Bangun Desa Mitra.

Hal senada juga diungkapkan Karen, mahasiswi yang saat ini duduk di semester 2. Ia tidak menyangka bahwa dirinya dinobatkan menjadi Juara 1 Putri Duta Kampus UNS 2022.

“Saya engga nyangka, apalagi saya merasa kalau teman-teman di sini punya potensi masing-masing yang sangat unggul. Tapi, namanya rezeki, rezeki engga pernah salah orang. Intinya saya terus berusaha menjadi yang terbaik dengan potensi yang saya miliki. Jadi, ini bakal menjadi sebuah kepercayaan dan tanggung jawab lebih buat saya,” tutur Karen.

Dalam Pemilihan Duta Kampus UNS 2022, mahasiswi asal Temanggung tersebut mengusung program rangkul budaya, peduli sosial, dan rangkul desa. Ia berpendapat bahwa mahasiswa juga harus memiliki empati untuk bergerak dalam membantu menyejahterakan masyarakat. Karen juga berharap dapat mengemban amanah dengan baik dan dapat berkontribusi bagi UNS melalui potensi yang dimiliki. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content