Mahasiswa FH UNS Raih Juara 1 Lomba Legislative Drafting Social Science in National Law Competition FH UI

by | Des 7, 2022 21:00 | Berita Terkini, Mahasiswa UNS

UNS — Prestasi di tingkat nasional kembali ditorehkan oleh mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pada Sabtu (26/11/2022), lima mahasiswa FH UNS meraih Juara 1 dan Berkas Terbaik Lomba Legislative Drafting The 9th Social Science in National Law Competition (Sciencesational 2022). Mereka adalah Anugrah Muhtarom Pratama, Al Fadilla Yoga Brata, Muhammad Reza Fadhil Pratama, Reza Octavia Kusumaningtyas, dan Saiful Hamdi.

Kompetisi yang berlangsung secara luring tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Kajian  dan Keilmuan FH Universitas Indonesia (UI). Saat diwawancarai uns.ac.id pada Rabu (7/12/2022), Anugrah Muhtarom Pratama selaku ketua tim menuturkan bahwa kompetisi tersebut terdiri atas dua tahap, yaitu tahap seleksi berkas dan final. Mereka mengusung naskah tentang Rancangan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

“Kami membawa suatu gagasan bahwa ada beberapa materi muatan untuk mendukung peraturan ini yang bersifat dinamis sehingga sejalan dengan perkembangan finansial teknologi yang cepat. Beberapa bentuk materi muatan yang diatur antara lain pengaturan Open Application Programming Interface (OPEN API), manajemen risiko dan tata kelola, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan pengaturan penyelenggaraan dan penegakkan hukum,” jelasnya.

Lebih lanjut, Anugrah menjelaskan bahwa finansial teknologi harus memiliki landasan yang jelas dalam pengaturan pelaksanaannya, mulai dari penyelenggara hingga sanksi penegakan hukum. Berdasarkan latar belakang tersebut, Anugrah dan timnya menggagas pembentukan aturan hukum yang berkelanjutan dalam mengatur pelaksanaan finansial teknologi.

“Oleh sebab itu, kami berinisiatif menggagas peraturan yang dinamis melalui pengaturan materi muatan yang menunjang pelaksanaan pengaturan finansial teknologi dan menjadi landasan terhadap penyelenggaraan finansial teknologi di Indonesia. Hal tersebut seperti  pengaturan materi mengenai pengembangan SDM, OPEN API sebagai sistem keamanan untuk mencapai kemudahan akses di berbagai sektor, dan tata kelola manajemen risiko finansial teknologi agar tidak menyimpang dalam pelaksanaannya,” tambahnya.

Melalui gagasan tersebut, tim dari FH UNS berhasil menyisihkan lima finalis dari Universitas Brawijaya (UB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Mereka mengaku sangat senang, terharu, dan bangga saat timnya diumumkan meraih dua predikat sekaligus.

“Kami terharu, bangga, dan senang karena kami dapat mencapai tujuan yang diinginkan, mengingat tahun lalu kami hanya menjadi finalis dalam kompetisi ini. Akhirnya tahun ini, bisa meraih dua predikat sekaligus,” ungkapnya.

Anugrah berharap agar prestasi ini dapat memacu semangat mahasiswa FH UNS untuk terus berprestasi dan mendorong adanya regenerasi dalam berkompetisi.

“Semoga gelar juara ini dapat dipertahankan dan muncul talenta-talenta baru yang jauh lebih baik dari tim kami,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Redaktur: Dwi Hastuti

Viral di Tiktok, Aksi Bersih-Bersih Sampah oleh Mahasiswa UNS Tuai Pujian Warganet

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam beasiswa Rumah...

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Bersama PPII Jateng Selenggarakan Webinar Nasional

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan...

Peringati Hari Gizi Nasional, Rumah Sakit UNS Gelar Talkshow Bahas Stunting

UNS --- Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ialah dengan...

LPM Novum FH UNS Gelar Webinar Bahas Dekadensi Regulasi Perlindungan Anak

UNS – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Novum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bagaimana Keikutsertaan Masyarakat dalam Mewujudkan Siaran Berkualitas? Berikut Tanggapan Pakar Hukum UNS

UNS --- Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin berkembang cepat terlebih di era...

FK UNS Jalin Kerja Sama dengan LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama...

Koordinasi Kemitraan antara UNS dan SEA Today Bahas Beberapa Kesepakatan

UNS --- Rapat bersama antara Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi (PT) Center of Fintech...

Prodi S-3 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Luluskan Doktor Baru

UNS — Program Studi (Prodi) S-3 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)...

Tergabung dalam Dhaharan.id, Mahasiswa UNS Gelar Bakti Sosial di Dua Tempat

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial di...

FEB UNS Jalin Kerja Sama Pengabdian dengan BNI Hong  Kong

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama...