Program Doktor PBI FKIP UNS Gelar Lokakarya Pengintegrasian Literasi Bahasa bagi Guru SD di Sukoharjo

Program Doktor PBI FKIP UNS Gelar Lokakarya Pengintegrasian Literasi Bahasa

UNS – Program Doktor (S-3) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam grup riset Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat. Dengan mengusung tema “Lokakarya Pengintegrasian Literasi Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar” kegiatan ini diselenggarakan secara luring pada Sabtu (29/04/2023) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jombor 1 Sukoharjo.

Kegiatan lokakarya ini diketuai oleh Prof. Dr. Suyitno, M.Pd. dengan anggota Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.; Prof. Dr. St Y Slamet, M.Pd.; Prof. Dr. Andayani, M.Pd.; Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd; Drs. Muhammad Ismail S, M.Pd.; dan Ari Suryawati Secio Chaesar, S.Pd., M.Pd.

Prof. Andayani selaku Kepala Program Studi S-3 PBI FKIP UNS menjelaskan bahwa lokakarya ini merupakan bentuk pelaksanaan tridharma perguruan tinggi oleh dosen berbasis pengabdian.

“Kegiatan lokakarya pengintegrasian literasi bahasa Indonesia ini merupakan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi untuk melaksanakan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Lokakarya ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar dalam mengintegrasikan literasi bahasa bagi murid di sekolah dasar,” tutur Prof. Andayani dalam sambutannya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd. yang memaparkan materi mengenai “Literasi Bahasa Indonesia berbasis TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.”

“Literasi bahasa berbasis IT diwujudkan dengan penggunaan aplikasi dan teknologi untuk dapat membantu seseorang meningkatkan keterampilan berbahasanya dan memperoleh pemahaman yang lebih baik. Implementasi literasi bahasa berbasis IT ini dapat memanfaatkan berbagai aplikasi seperti duolingo, Kahoot, Mentimeter, KBBI, dan lainnya,” papar Dr. Septi.

Kemudian, pemaparan berikutnya disampaikan oleh Ari Suryawati, M.Pd. yang memaparkan materi tentang “Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Project Based Learning berbasis Ekoliterasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” 

“Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek ini diarahkan untuk menciptakan situasi belajar yang berpusat pada siswa. Melalui pendekatan ekoliterasi, diharapkan siswa memiliki kemampuan litersi ekologi, yakni kesadaran dan kepekaan menjaga lingkungan,” ujar Ari Suryawati.

Suharni selaku Kepala SDN Jombor 1 Sukoharjo turut merasa senang karena melalui kegiatan ini dapat memperoleh wawasan baru mengenai pengintegrasian literasi bahasa di sekolah dasar.

“Lebih lanjut, saya berharap dari hal ini juga dapat menambah khasanah keilmuan bagi seluruh guru di SDN Jombor 1 ini,” pungkas Suharni. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content