Tim Semar Shakti UNS Sabet Juara 3 Plant Design Indonesia Chemical Engineering Challenge 2023

Tim Semar Shakti UNS Sabet Juara 3 Plant Design Indonesia Chemical Engineering Challenge 2023

UNS — Tim Semar Shakti dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih juara 3 kompetisi  plant design tingkat nasional. Tim tersebut beranggotakan Nikmal Kevin Witjaksono, Dimas Rian Saputra, dan Ibnu Tryansar Purba dari Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT) UNS.

Kompetisi tersebut bertajuk Indonesia Chemical Engineering Challenge 2023 yang diselenggarakan oleh Chemical Engineering Students Association in Institute Teknologi Bandung (ITB). Final kompetisi ini berlangsung secara luring di ITB pada 25 Februari 2023. Mereka dibimbing langsung oleh Dosen Teknik Kimia UNS, Dr. Sunu Herwi Pranolo.

“Kami tidak menyangka bisa mendapat juara 3 karena ini merupakan kompetisi berbahasa inggris pertama yang kami ikuti. Selain itu, kompetisi plant design ini juga berlangsung beringingan dengan masa perkuliahan sehingga harus membagi waktu dengan baik serta menguras jam tidur kami. Akhirnya, semua usaha terbayar dengan torehan juara 3,” ungkapnya kepada uns.ac.id, Kamis (16/3/2023).

Dalam kompetisi yang diikuti oleh 99 tim dari berbagai universitas di Indonesia, Kevin dan timnya mengusung gagasan berupa green methanol berbasis gasifikasi cangkang sawit. Mahasiswa semester akhir tersebut menjelaskan bahwa bertambahnya populasi manusia juga berakibat pada meningkatnya kebutuhan terhadap energi. Sementara, konsumsi energi di sektor industri menempati peringkat pertama di Indonesia yang didominasi oleh derivatif metanol (MeOH). Impor MeOH terpaksa dilakukan oleh Pemerintah Indonesia guna menutup kekurangan produksi dalam negeri yang berpotensi menimbulkan ketergantungan pada pihak luar.

“Limbah cangkang kelapa sawit di Indonesia sangat melimpah, mencapai 3,2 juta ton. Oleh karena itu, kami mengusung teknologi sintetis methanol berbasis gasifikasi cangkang sawit untuk dijadikan suatu pabrik kimia yang sustainable, green resource, and renewable energy dengan memanfaatkan cangkang sawit sebagai bahan baku dari daerah setempat, yaitu Sumatera bagian Utara. Green methanol sebagai produk utama sekaligus core chemical merupakan suatu potensi renewable energy yang mendukung keberlangsungan SDGs,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasertya

Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content