UNS — Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. Aswanto secara resmi telah membuka Lomba Pidato Konstitusi pada Kamis (2/12/2021). Prof. Aswanto secara langsung meresmikan pembukaan lomba yang mempertemukan lurah dan kepala desa se-Solo Raya di Aula 3 Fakultas Hukum (FH) UNS.

Sebanyak 70 lurah dan kepala desa dijadwalkan turut meramaikan kompetisi ini. Mereka merupakan lurah dan kepala desa yang berasal dari Solo Raya yang meliputi Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali.

Prof. Aswanto menjelaskan bahwa lomba ini merupakan salah satu ajang dalam menilai kinerja lurah dan kepala desa dalam menjamin hak-hak konstitusional para warga desa yang mereka pimpin. Lebih lanjut, Dosen Universitas Hasanuddin ini juga mengatakan bahwa para pemimpin desa tersebut merupakan unjuk tombak MK dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Bapak ibu lurah menempati posisi yang sangat strategis karena ujung tombak dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Karena itulah, bapak ibu bisa dinilai masyarakat sebagai perwujudan hak-hak mereka yang dijamin dalam konstitusi,” ujar Prof. Aswanto.

Selain itu, Prof. Aswanto juga menegaskan bahwa lurah dan kepala desa perlu memberikan pelayanan yang bagus kepada masyarakat yang mereka pimpin. Hal ini termasuk salah satu amanat dalam konstitusi.

“Ketika ibu bapak melayani masyarakat tentu harus memberikan pelayanan yang bagus karena semua masyarakat sudah dijamin hak-hak konstitusionalnya dalam konstitusi, hak untuk diperlakukan secara baik, hak untuk diperlakukan secara manusiawi. Semua itu harus diimplementasikan di dalam kehidupan keseharian termasuk ketika ibu bapak para lurah memberikan pelayanan di masyarakat. Ini penting,” imbuhnya.

Selain Wakil Ketua MK, acara pembukaan lomba ini juga dihadiri langsung oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho. Prof. Jamal mengaku sangat gembira dengan adanya kegiatan ini. Beliau memandang bahwa kegiatan tersebut menarik dan cukup penting.

“Suatu kehormatan bagi kami dapat dipercaya oleh MK untuk mengadakan lomba ini. Semoga acara yang berlangsung sampai Sabtu nanti berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Wakil Ketua MK Resmi Buka Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa Se-Solo Raya

Lomba Pidato Konstitusi Antar-Kepala Desa merupakan kegiatan yang diadakan oleh MK RI bekerja sama dengan FH UNS. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama tiga hari yakni mulai Kamis hingga Sabtu (2—4 Desember 2021). Kamis (2/12/2021) merupakan hari pertama yang diagendakan untuk pembukaan sekaligus pembekalan materi untuk peserta. Pembekalan diberikan oleh empat pembicara yakni Wakil Ketua MK, Prof. Dr. Aswanto serta tiga hakim konstitusi meliputi Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., MS.; Prof. Dr. Enny Nurbaningsih, S.H., M. Hum.; dan Prof. Dr. Saldi Isra, S.H.

Perlombaan baru dimulai pada hari kedua dengan mempertandingkan babak penyisihan hingga semifinal. Sementara itu, babak final dihelat pada Sabtu (4/12/2021) sekaligus ditutup dengan acara penganugerahan yang rencananya dihadiri oleh Ketua Mahkamah Konstitusi RI dan Wali Kota Surakarta. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

UPPJ LPPM UNS Siapkan 10 Jurnal UNS agar Terindeks DOAJ

UNS --- Sepuluh jurnal milik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah disiapkan untuk...

Pakar Bahasa UNS Tanggapi Fenomena Trilingual di Media Sosial

UNS --- Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan penggunaan trilingual atau multilingual. Hal...

Kemendes PDTT Secara Simbolis Lepas Mahasiswa Peserta KKN Tematik UNS Membangun Desa

UNS --- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik...

Pusat Studi Difabilitas UNS Adakan Diskusi Angkat Tema Riset Berperspektif Disabilitas

UNS --- Isu disabilitas kian diperhatikan berbagai pihak di Indonesia. Universitas Sebelas Maret...

Pusdemtanas UNS Gelar Seminar Standar Hukum Pelaksanaan Vaksinasi Wabah Penyakit

UNS --- Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan...

Pemkab Purworejo Terima Mahasiswa KKN Tematik Membangun Desa MBKM UNS

UNS --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo menerima secara langsung mahasiswa Kuliah Kerja...

KKN Tematik UNS Membangun Desa Diikuti 1.492 Mahasiswa, Rektor UNS: Menjadi Esensi Sekaligus Mandat bagi Mahasiswa

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 1.492 mahasiswa peserta Kuliah Kerja...

Kuatkan Ekosistem Pembayaran Digital, UNS Teken Kerja Sama dengan LinkAja

UNS --- Pandemi Covid-19 memaksa semua pihak untuk mengubah pola kehidupan ke arah digital. Hal...

Fokus Inventarisasi Data Prestasi Mahasiswa, DRAK UNS Gandeng UPT Humas dan Media

UNS --- Dari tahun ke tahun prestasi mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kian...

Merpati Putih UNS Borong 6 Juara dalam Bandung Lautan Api Championship 3

UNS --- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Merpati Putih Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...