UNS — Rancangan bisnis snack bar ikan kembung milik mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses meraih juara 2 pada ajang Marine and Fisheries Business Model Canvas Competition 2021. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan (Himasilkan) IPB.

Tim Kembung menjadi perwakilan UNS dengan beranggotakan Naya Nulina Citawara dari Program Studi (Prodi) Ilmu Teknologi Pangan, Nimas Suci Kusuma dan Indah Khoirunnisa dari prodi Agribisnis.

Kepada uns.ac.id, Naya selaku ketua menjelaskan konsep produk dari paper business mereka yang berjudul “FishBar – Snack bar Ikan Kembung sebagai Diversifikasi Hasil Laut Lokal yang Kaya Manfaat”. Rancangan produk ini dipilih oleh Tim Kembung dilatarbelakangi potensi perikanan di Indonesia sangat besar, termasuk ikan kembung ini.

Mereka mencermati kalau potensi dari ikan kembung belum terolah secara maksimal. Padahal, ikan kembung ini memiliki harga yang murah. Kajian literatur yang telah dilakukan pun menunjukkan kalau kandungan gizi ikan kembung hampir menyamai ikan salmon. Selain itu, ikan kembung juga memiliki nilai autentik bagi masyarakat Indonesia.

“Ini berarti perikanan lokal yang bisa kita buat suatu produk, lalu dikemas secara praktis, murah, ekonomis, dan sehat,” tutur Naya, Jumat (31/12/2021).

Beragam keunikan dan keunggulan juga ditawarkan dari prototipe Fish bar ini. Olahan ini sangat mengutamakan unsur lokalitas sehingga Fish bar yang dibuat tidak menggunakan bahan-bahan seperti gandum dan oat. Beberapa bahan utama Fish bar diantaranya ikan kembung, kacang koro, madu, bubuk kayu manis dan lain-lain. Terkait rasa, prototipe Fish bar yang telah dibuat pun memiliki rasa yang enak.

Hadir dalam bentuk makanan ringan membuat konsumsi Fish bar lebih praktis dan dapat menjangkau segala usia. Dari hasil kajian literatur, Tim Kembung memprediksi kalau Fish bar mereka rendah kalori dan kandungan gizinya juga dapat memenuhi kebutuhan gizi orang dewasa.

Mereka juga mencermati tantangan dari bisnis ini tentang bagaimana produk Fish bar dapat disandingkan dengan produk-produk snack bar yang sudah ada. Selain itu, mempertahankan rasa asli dan menghilangkan amis dari ikan menjadi tantangan lainnya. Akan tetapi, Fish bar tetap menjadi inovasi baru yang memiliki cukup potensi. Dengan mengunggulkan lokalitas bahan pangan yang digunakan serta produksinya yang mudah dan murah.

Rancangan Bisnis Snackbar Berbahan Ikan Milik Mahasiswa UNS Raih Juara 2 Kompetisi BMC di IPB

Atas capaian prestasi ini, mereka mengaku senang dan bersyukur. Perjuangan yang telah mereka lakukan selama proses kompetisi dibayar tuntas dengan torehan sebagai juara 2 di kancah nasional. Dengan inovasi yang Tim Kembung usung, mereka berharap bisa terus mengembangkannya lebih jauh lagi.

“Harapan saya (Fish bar) bisa direalisasikan dan bisa dikembangkan lebih dalam lagi. Kami bisa perkaya risetnya terlebih dahulu untuk mempersiapkan pengembangan produknya,” harap Naya. Humas UNS

Reporter: Rangga
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

3
1

Unit Kemahasiswaan FKIP UNS Gelar Lokakarya Kewirausahaan

UNS --- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dosen FKIP UNS Dampingi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-STEM untuk Guru IPA Kabupaten Karanganyar

UNS --- Dosen Program Studi (Prodi) S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan...

Cerita Qanita, Mahasiswi FP UNS yang Memilih Terjun Dunia Balap Rally

UNS --- Dunia balap, biasanya identik dengan laki-laki. Namun, siapa sangka bahwa Mahasiswi...

Membanggakan! Mahasiswi UNS Torehkan Prestasi pada Ajang Balap Rally

UNS --- Prestasi membanggakan dalam ajang balap rally berhasil ditorehkan oleh mahasiswi...

Seminar Nasional Prodi S-3 PBI FKIP UNS Bahas Pembelajaran Bahasa Pascapandemi

UNS --- Program Studi (Prodi) doktoral (S-3) Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Fakultas Keguruan...

UNS Raih 2 Penghargaan IKU dari Kemendikbudristek

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dua penghargaan sekaligus dari...

Kuliah Pakar Prodi Magister dan Doktor PPPM UNS Hadirkan Pemateri dari IBA Karachi, Pakistan

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister dan Doktor Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat...

Teknik Sipil UNS Raih Akreditasi Unggul oleh LAM Teknik

UNS --- Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

DWP UNS Gelar Khitanan Massal Diikuti 110 Peserta

UNS --- Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,...

Peresmian Renovasi Gedung TK Widya Putra DWP UNS Dibarengi Pelepasan Peserta Didik

UNS --- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar...