Dorong UNS Jadi WCU, BEM UNS Adakan Talkshow Seration Series 2021

Dorong UNS Jadi WCU, BEM UNS Adakan Talkshow Seration Series 2021

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta saat ini sedang getol meningkatkan performa untuk masuk dalam jajaran World Class University (WCU). Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS menangkap animo itu dan mendorong agar UNS segera masuk dalam jajaran WCU. Salah satu dorongan yang diberikan oleh BEM UNS yakni dengan berinisiatif mengelar World Class University (WCU) Talkshow dalam rangkaian Sebelas Maret (Semar) Elaboration (Seration) Series 2021.

WCU Talkshow digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Mingu (28/11/2021). Acara daring tersebut diikuti oleh puluhan peserta baik dari UNS maupun dari luar UNS. Presiden BEM UNS, Zakky Musthofa Zuhad menyampaikan harapannya agar UNS segera mencapai WCU sesuai yang ditargetkan secepatnya. Selain itu, Zakky juga menyampaikan bahwa Seration Series 2021 merupakan ajang bagi mahasiswa untuk bertindak secara global.

“Ini wadah kita sebagai mahasiswa untuk think globally, act locally. Kita terus mendorong UNS agar segera mencapai WCU dengan tindakan atau aksi yang dapat kita usung dengan baik,” ucap Zakky.

Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Dr. rer.nat Sajidan, M.Si. juga hadir secara daring dalam acara ini. Prof. Sajidan mengapresiasi langkah inisiatif yang dilakukan oleh BEM UNS bekerja sama dengan Direktorat Pengembangan, Kerjasama, dan Internasionalisasi UNS.

Dorong UNS Jadi WCU, BEM UNS Adakan Talkshow Seration Series 2021

Menurut Prof. Sajidan, ide yang dimunculkan BEM UNS luar biasa. Prof. Sajidan berharap setelah acara ini berlangsung, BEM UNS dapat memberikan rekomendasi terkait langkah apa saja yang bisa dilakukan UNS untuk mencapai target WCU.

“Ini ide luar biasa untuk berdiskusi bagaimana kondisi yang ada di Asia dan Eropa. Tujuannya memperoleh strategi yang komprehensif dari berbagai universitas yang sudah lebih dulu masuk ke jajaran WCU. Setelah mengadakan Seration ini kami harap BEM dapat memberikan rekomendasi komprehensif kepada kami bagaimana strategi yang dapat kami tempuh untuk menuju WCU,” tutur Prof. Sajidan.

Talkshow tersebut menghadirkan dua pembicara utama serta satu bintang tamu. Dua pembicara utama yakni Atase Pendidikan dan Kebudayan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jerman, Prof. Ardi Marwan dan Tim Ahli World Class University Ditjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Prof. Wawan Gunawan.

Dorong UNS Jadi WCU, BEM UNS Adakan Talkshow Seration Series 2021

Selain itu, Talkshow ini juga menghadirkan dr. Nadhira Nuraini Afifa, M.P.H. sebagai bintang tamu. dr. Nadhira merupakan alumni Harvard University. Pada pertengahan 2020 lalu, penerima beasiswa LPDP tersebut membuat banyak orang Indonesia berdecak kagum karena dia dipercaya untuk menyampaikan pidato di wisuda Harvard University.

WCU Talkshow ini merupakan acara puncak dari rangkaian Seration Series 2021. Sebelum ini, ada beberapa acara pendahulu yakni visit study BEM UNS dengan beberapa universitas di luar negeri secara daring. Beberapa universitas yang telah dikunjungi BEM UNS secara daring yakni Universiti Putra Malaysia dan Bangor University, Britania Raya. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah

Editor: Dwi Hastuti

Skip to content