Dosen dan Ormawa UNS Lolos menjadi Nominasi Abdidaya 2021

Dosen dan Ormawa UNS Lolos menjadi Nominasi Abdidaya 2021

UNS — Dosen dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta lolos menjadi nominasi Abdidaya 2021. Abdidaya merupakan ajang penghargaan bagi pegiat Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) dan Program Wirausaha Desa (Wira Desa). Ajang tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Dalam PHP2D, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (FP) masuk menjadi top 40 organisasi mahasiswa terbaik. Kemudian, UNS juga masuk menjadi nominasi top 40 support kampus terbaik dengan program PHP2D dari BEM FP dan Himpunan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (HM Pelita). Kemudian, nominasi top 40 lembaga mitra terbaik juga berhasil diraih BEM FP UNS dengan mitra Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Karanganyar dan HM Pelita dengan mitra Pemerintah Desa Kragan.

Tidak hanya itu, dua dosen pembimbing dari PHP2D UNS juga berhasil masuk menjadi nominasi top 40. Mereka adalah Mei Tri Sundari, M.Si. yang mendampingi program dari BEM FP dan Dr. Setyaningrum Ariviani yang membimbing program dari International Association of students in Agricultural and related Sciences (IAAS) FP. Sementara, dari program P3D, nominasi 40 organisasi mahasiswa terbaik berhasil diraih oleh HM Pelita UNS.

Dosen dan Ormawa UNS Lolos menjadi Nominasi Abdidaya 2021

Nantinya, mereka akan melewati serangkaian proses seleksi sebelum diumumkan pada malam penganugerahan 6 Desember mendatang.  Salah satu ketua tim PHP2D dari BEM FP, Ahmad Musthofa Anshori mengatakan bahwa Ia sangat senang dan bersyukur dapat lolos ke tahap puncak PHP2D ini.

Alhamdulillah, senang dan ga nyangka. Persiapan dari tim kami saat ini melengkapi berkas yang harus diunggah untuk penilaian. Semoga diberi hasil yang terbaik sehingga bisa membawa pulang medali dan membanggakan almamater UNS,” tutur Ahmad Musthofa, Senin (29/11/2021).

Sementara itu, ketua tim PHP2D HM Pelita UNS, Novianto Yoga Wibisono juga mengaku bangga dan bersyukur karena kerja keras timnya terbayar dengan lolos menjadi nominasi. Ia mengatakan bahwa timnya akan berkoordinasi dengan pihak desa dan dosen pembimbing agar kegiatan Abdidaya dapat berjalan lancar.

Dukungan juga diberikan oleh UNS, hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus.

“Kami ucapkan selamat kepada adik-adik mahasiswa dan dosen pendamping yang lolos menjadi nominasi. Masukan-masukan dari reviewer saat monitoring mohon untuk diperbaiki lagi. Kalau ada presentasi lagi, juru presentasinya digenjot agar semakin baik ketika melakukan presentasi,” tutur Prof. Yunus. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content