Luar Biasa, UNS Kembali Tambah Enam Guru Besar baru dari Berbagai Bidang Ilmu

Luar Biasa, UNS Kembali Tambah Enam Guru Besar baru dari Berbagai Bidang Ilmu

UNS — Setelah sukses mengukuhkan sepuluh Guru Besar di Bulan September 2023 ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menambah Guru Besar lagi. Sebanyak enam Guru Besar baru akan Kembali dikukuhkan oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. pada Senin (25/9/2023) besok di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

Dalam Konferensi Pers di hadapan media, Jumat (22/9/2023) di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc.(Hons), Ph.D. mengatakan enam Guru Besar baru tersebut berasal dari tiga fakultas. Yaitu satu dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), empat dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan satu dari Fakultas Hukum (FH).

Guru Besar yang akan dikukuhkan pertama yaitu Prof. Dr. Eng. Hendri Widiyandari, S.Si., M.Si. Beliau akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu Fisika Nanomaterial pada FMIPA. Prof. Hendri Widiyandari merupakan Guru Besar ke-283 UNS dan ke-26 FMIPA dengan pidato inaugurasi berjudul ‚ÄėNanomaterial: Temuan Masa Kini dan Perspektif Masa Depan‚Äô.

Kedua Prof. Dr. Mardiyana, M.Si. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Analisis Matematika dan Pembelajarannya pada FKIP. Prof. Mardiyana yang juga sebagai Dekan FKIP UNS ini merupakan Guru Besar ke-284 UNS dan ke-73 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul ‚ÄėPeran Analisis Matematika pada Peningkatan Keterampilan Abad 21‚Äô.

Ketiga Prof. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pembelajaran IPA pada FKIP. Prof. Sarwanto merupakan Guru Besar ke-285 UNS dan ke-74 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul ‚ÄėKearifan Lokal sebagai Sumber Belajar IPA dalam Implementasi Kurikulum Merdeka‚Äô.

Keempat Prof. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan dan Pembelajaran Fisika pada FKIP. Prof. Sukarmin merupakan Guru Besar ke-286 UNS dan ke-75 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul ‚ÄėKesehatan Organisasi Sebagai Faktor Penentu Keberhasilan Sekolah‚Äô.

Kelima Prof. Dr. Yudho Taruno Muryanto, S.H., M.Hum. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Hukum Korporasi dan Investasi pada FH. Prof. Yudho Taruno Muryanto merupakan Guru Besar ke-287 UNS dan ke-11 FH dengan pidato inaugurasi berjudul ‚ÄėRegulasi Responsif di Sektor Investasi Digital (Kerangka Hukum Mewujudkan Prinsip Keterbukaan dalam Tanggung Jawab Pengelolaan Investasi)‚Äô.

Keenam Prof. Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si., CfrA. akan dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Akuntansi Sektor Publik pada FKIP. Prof.  Muhtar yang juga sebagai Plt. Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Manusia UNS merupakan Guru Besar ke-288 UNS dan ke-76 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul ‚ÄėTata Kelola dan Akuntabilitas Daerah: Kunci Menuju Pemerataan Pembangunan Berkelanjutan‚Äô.

Sekretaris Senat Akademik (SA) UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc., (Hons), Ph.D. berharap semoga dengan penambahan enam Guru Besar baru tersebut nantinya yang bersangkutan dapat terus mengembangkan bidang ilmunya melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. ‚ÄúSelamat kepada Prof. Hendri, Prof. Mardiyana, Prof. Sarwanto, Prof. Sukarmin, Prof. Yudho dan Prof. Muhtar atas dikukuhkannya sebagai Guru Besar. Semoga semakin menguatkan posisi UNS baik di kancah nasional maupun internasional,‚ÄĚ ujar Prof. Ari. HUMAS UNS

Skip to content