Search
Close this search box.

Mahasiswa UNS Borong Tiga Penghargaan dalam Ajang Forda Jateng Inorga Foni 2023

UNS – Sederet mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil memborong tiga gelar juara dalam ajang Festival Olahraga Rekreasi Daerah Jawa Tengah (Forda Jateng) Inorga Foni Tahun 2023. Ketiga gelar juara tersebut diraih oleh Fatimah Azzahro dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi (Juara 1 Kategori W20); Firda Hanin dari Prodi Pendidikan Luar Biasa (Juara 2 Kategori W21); dan Fahdilah Cahya Ningrum dari Prodi Pendidikan Biologi (Juara 3 Kategori W20). Ketiganya merupakan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS yang sama-sama meraih juara pada sprint orienteering. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Komite Olahraga dan Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Jawa Tengah di Komplek Stadion Jatidiri, Semarang.

Fatimah Azzahro yang berhasil meraih Juara 1 Kategori W20 mengaku senang dan bangga atas raihannya. “Perasaannya sendiri Alhamdulillah senang dan bangga. Terlebih saya melihat teman-teman yang lain juga Alhamdulillah mendapat juara, jadi dobel senangnya,” ujar Fatimah.

Lebih lanjut, tips dan trik dari Fatimah hingga berhasil meraih juara yakni melakukan latihan yang seimbang, istirahat yang cukup, terus asah kemampuan, utamanya dalam hal ini adalah asah kemampuan bernavigasi dan saat perlombaan harus benar-benar fokus.

Hal senada juga diungkapkan oleh Firda Hanin yang meraih Juara 2 Kategori W21. Ia turut memberikan tips bahwa untuk bisa membawa pulang gelar juara bisa dengan lebih giat berlatih dan menjaga semangat. “Karena rutinitas latihan itu cukup melelahkan ya. Misal ada menu latihan yang bolong, kalau bisa harus diganti di hari selanjutnya,” tambah Hanin.

Seperti halnya Fatimah dan Hanin, Fahdilah Cahya Ningrum yang meraih Juara 3 Kategori W20 turut mengungkapkan hal yang serupa. “Saya sangat bersyukur dan bangga pada diri sendiri karena bisa meraih gelar juara,” kata Fahdilah.

Fahdilah pun turut berpesan untuk jangan cepat puas dengan hasil yang dicapai. Tetap gali ilmu yang masih kurang, gali potensi, dan tetep semangat untuk berlatih. Ia juga berharap kedepannya olahraga orienteering dapat lebih dikenal di khalayak luas.

“Yuk mulai berlari dan mengenal lebih jauh tentang olahraga orienteering. Karena prestasi bisa dicapai bukan hanya dari bidang akademik aja,” pungkas Fahdilah. Humas UNS

Reporter: Lina Khoirun Nisa

Redaktur: Dwi Hastuti

Scroll to Top
Skip to content