Mahasiswa UNS Raih Juara Agriverse International BMC Competition

Mahasiswa UNS Raih Juara Agriverse International BMC Competition

UNS — Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pada 17 Desember lalu, tiga mahasiswa UNS meraih Juara 1 Agriverse International Business Model Canvas Competition 2022. Mereka adalah Nabila Khairunnisa Azzahra dari Program Studi (Prodi) Kebidanan Fakultas Kedokteran (FK), Mahdaviqia Dharmawan dan Muhamad Azhar dari Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian (FP).

Kompetisi ide bisnis tersebut diselenggarakan oleh International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) LC UNS. Mahdaviqia Dharmawan menjelaskan bahwa dalam kompetisi tersebut, mereka mengusung judul β€˜bio-refinery model based on cooperative farmer as an accelerator for sugarcane waste management in circular economy concept integrated with mobile application’.

β€œJadi, ini sebuah model koperasi pertanian yang simpanan wajib dan pokoknya berupa limbah tebu. Selanjutnya, limbah tersebut akan diolah pada bio refinery untuk dijadikan pupuk organik pertanian yang ramah lingkungan,” jelasnya, Senin (2/1/2023).

Lebih lanjut, Mahdaviqia Dharmawan atau yang kerap disapa Davi menjelaskan bahwa pada proses pengolahan bahan pangan hasil tebu menghasilkan banyak limbah tebu, yaitu 50% dari seluruh bagiannya. Limbah tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para petani tebu.

β€œDi sisi lain, kesejahteraan petani kecil yang membudidayakan tebu masih jauh dari kata sejahtera. Dengan hadirnya konsep Tebuverse ini diharapkan mampu menyerap limbah tebu serta dapat meningkatkan kesejahteraan petani tebu,” imbuhnya.

Davi dan timnya mengaku sangat bangga dan bersyukur ketika timnya berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi tersebut.

β€œIni merupakan pengalaman yang membanggakan karena kami pertama kali mengikuti kompetisi internasional dengan tim yang berbeda prodi. Harapan ke depannya, konsep ini dapat diimplementasikan dan dijalankan. Kami berharap Tebuverse dapat direalisasikan bersama para stakeholder sehingga kesejahteraan petani tebu dapat ditingkatkan,” pungkasnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Redaktur: Dwi Hastuti

Skip to content