UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mewisuda sebanyak 898 wisudawan periode II tahun 2022. Wisuda tersebut dilakukan secara luring dan daring pada Sabtu (23/4/2022). Wisuda bertempat di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS dan platform Zoom Cloud Meeting.

Wisudawan tersebut terdiri atas 29 wisudawan dari Sekolah Pascasarjana, 32 wisudawan Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 53 wisudawan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), 84 wisudawan Fakultas Hukum (FH), dan 61 wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Kemudian, Fakultas Kedokteran (FK) mewisuda 64 wisudawan, Fakultas Pertanian (FP) 65 wisudawan, Fakultas Teknik (FT) 85 wisudawan, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 256 wisudawan.

Lalu, Fakultas Keolahragaan (FKOR) mewisuda 30 wisudawan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 59 wisudawan, Fakultas Seni Rupa dan Desain 24 wisudawan, dan Sekolah Vokasi (SV) 56 wisudawan.

UNS Mewisuda 898 Wisudawan Periode II 2022

Prof. Ahmad Yunus selaku Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS menyampaikan bahwa di antara wisudawan tersebut, sebanyak 403 wisudawan lulus berpredikat dengan pujian atau cumlaude.

“Lulusan cumlaude dari Pascasarjana 20 wisudawan, FIB 16 wisudawan, FISIP 19 wisudawan, FH 58 wisudawan, FEB 29 wisudawan, dan FK 14 wisudawan. Kemudian disusul oleh FP dengan 31 wisudawan, FT 22 wisudawan, FKIP 122 wisudawan, FKOR 4 wisudawan, FMIPA 22 wisudawan, FSRD 11 wisudawan, dan SV 35 wisudawan,” terang Prof. Yunus ketika membacakan laporan kegiatan wisuda luring dan daring.

UNS Mewisuda 898 Wisudawan Periode II 2022

Selain itu, Prof. Yunus juga menyampaikan bahwa terdapat pula lulusan-lulusan dengan capaian luar biasa. Pada program doktor, lulusan tercepat diraih oleh Dr. Feri Faila Sufa dari Program Studi (Prodi) S-3 Ilmu Pendidikan dengan masa studi 3 tahun 5 bulan.

“Lulusan tercepat program magister diraih oleh Hesthi Krisnawati dari Prodi S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan masa studi 1 tahun 5 bulan. Lulusan tercepat program sarjana diraih oleh Rizal Galih Pradana dari Prodi Psikologi dengan masa studi 3 tahun 5 bulan. Sementara pada jenjang diploma IV, lulusan tercepat diraih oleh Wildan Fuady dengan masa studi 4 tahun 1 bulan. Pada jenjang diploma III, lulusan tercepat diperoleh Bagas Emon Cahya Subekti dengan lama studi 2 tahun 11 bulan,” tutur Prof. Yunus.

Sementara itu, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan bahwa kehidupan modern di masa yang akan datang hanya dapat ditaklukan oleh mereka yang memiliki human capital tangguh. Selain itu juga bagi mereka yang memiliki semangat, kerja keras, ketekukan, dan bersifat adaptif.

UNS Mewisuda 898 Wisudawan Periode II 2022

“Presiden Soekarno pernah mengatakan bahwa membangun jiwa yang merdeka dapat mengubah cara pandang, sikap, pikiran, dan perilaku agar berorientasi pada kemajuan dan hal-hal modern. Hal ini dapat menjadikan Indonesia bangsa yang besar dan mampu berkompetisi dengan bansga-bangsa lain di dunia. Pesan 66 tahun yang lalu ternyata masih relevan, membangun negara tidak hanya membangun fisik yang materiil, tetapi juga membangun jiwa bangsa,” kata Prof. Jamal.

Ia menambahkan bahwa jiwa bangsa terpenting adalah jiwa yang merdeka, kebebasan meraih kemajuan, dan jiwa merdeka sebagai positivisme.

“Manusia unggul dan tangguh adalah mereka yang menyadari bahwa mereka sudah terinstalasi hati nurani, jiwa, dan paham bagaimana menggunakan super super intelegent software. Profil SDM seperti itu yang diprediksi sebagai generasi muda pemilik masa depan bangsa. Dengan kesadaran itu, apapun perubahan yang terjadi di luar diri kita akan mampu diterima, dipahami, dan disikapi dengan bijak,” imbuhnya. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Suka dengan artikel ini?

Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor UNS Lakukan Kunjungan Kerja ke UPI dan Unpad

UNS --- Panitia Kerja Penghargaan Purnabakti Profesor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

UKM Pramuka UNS, di Balik Pasukan Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI

UNS --- Disiplin, berani, dan setia. Itulah salah satu isi Dasa Darma Pramuka yang senantiasa...

Perluas Jejaring Internasional, UNS Jalin Kerja Sama dengan The University of Newcastle, Australia

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama internasional dengan The...

UPT KLI UNS Gelar Workshop Pendampingan Persiapan Studi Lanjut ke Amerika Serikat

UNS --- UPT Kerja Sama dan Layanan International (KLI) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta...

Dekan FH UNS Terpilih sebagai Ketua BKS FH-PTN Wilayah Tengah

UNS --- Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. I Gusti Ayu...

Mahasiswa UNS Raih Juara 1 Lomba Debat Nasional

UNS --- Prestasi membanggakan kembali diukir oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Pengalaman Mahasiswa UNS Mengajar BIPA di Negeri Gajah Putih

UNS --- Aldi Dwi Saputra, mahasiswa Jenjang S-2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia...

UNS Canangkan Kerja Sama dengan Kansas State University

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mencanangkan kerja sama dengan Kansas State...

Peringati HUT ke-6, RS UNS Berikan Layanan Unggulan

UNS --- Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tepat berusia 6 tahun pada Rabu...

Kebut MBKM, FMIPA UNS Jalin Kerja Sama dengan BPS Boyolali dan Karanganyar

UNS --- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS)...