Tim KKN UNS Adakan Pendataan dan Sosialisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Blorong, Karanganyar

Tim KKN UNS Adakan Pendataan dan Sosialisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Blorong, Karanganyar

UNS — Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melakukan pendataan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pendataan ini berbentuk survei untuk mengetahui kondisi pascapandemi produk-produk dalam pemasaaran yang dilakukan oleh UMKM.

Kegiatan ini diadakan di 13 dusun di Desa Blorong, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar selama dua pekan. Survei dilakukan dengan mendatangi langsung pelaku UMKM dari rumah ke rumah maupun ke tempat usaha.

Ketua program KKN tersebut, Palupi Anggraeni dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengatakan bahwa mayoritas UMKM yang dimiliki masyarakat setempat berupa produksi jamu, rambak, karak, keripik singkong, bakpao, tusuk sate, tempe, tahu, mebel, dan konveksi.

“Hasil survei kami, pascapandemi terjadi pada promosi produk. Para pelaku UMKM mengalami penurunan hasil karena pemasaran yang dilakukan hanya di sekitar rumah maupun hanya sekitar Kecamatan Jumantono. Dari latar belakang ini, kami berinisiatif mengadakan sosialisasi strategi pemasaran UMKM di Desa Blorong,” jelasnya, Selasa (6/9/2022).

Program yang dilaksanakan pada Rabu (10/8/2022) ini menghadirkan Feny Anggun Pridiasari, M.Pd., seorang wirausahawan kedai kopi dan Harbani, pemilik Solo Innovation sebagai pembicara pada kegiatan sosialisai tersebut. Kegiatan ini mendapat respons positif dari warga dan Kepala Desa serta perangkat Desa Blorong.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi mengenai strategi pemasaran oleh Feny Anggun Pridiasari, M.Pd. Ia mengenalkan para pelaku UMKM mengenai strategi pemasaran untuk mempromosikan produk sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Materi yang disajikan berupa pembuatan produk yang menarik, menjadi networker, menentukan STP (segmenting, targeting, positioning).

Tim KKN UNS Adakan Pendataan dan Sosialisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Blorong, Karanganyar

Selain itu, Ia juga memberikan tips untuk memanfaatkan marketplace, memanfaatkan kebijakan pemerintah yang berpihak pada UMKM, membuat iklan, membuat promo yang menarik, memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, dan melakukan pendekatan pada pelanggan. Usai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta kegiatan.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhkan prekonomian masyarakat melalui peningkatan penjualan produk UMKM masyarakat setempat. Humas UNS

Reporter: Bayu Aji Prasetya
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content