UNS — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 40 lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) pada periode Agustus 2022 pada Kamis (25/8/2022). Acara diselenggarakan secara luring yang bertempat di Auditorium FK UNS serta disiarkan melalui kanal Youtube FK UNS.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S.; Dekan FK UNS, Prof. Dr. dr. Reviono, Sp. P(K); para wakil dekan; Direktur RSUD Moewardi Surakarta; Dr. dr. Cahyono Hadi, Sp.OG(K)., S.H.; Direktur SDM, Pendidikan, dan Umum Rumah Sakit Ortopedi (RSO) Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, dr. R. Safil Rudiarto H, Sp.Rad, MM.; Wakil Direktur Pendidikan dan Penelitian RS UNS, dr. Tonang Dwi Aryanto, Sp.PK(K), Ph.D.; para Kepala Prodi Pendidikan Dokter Spesialis FK UNS; serta perwakilan dari Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FK UNS.

Acara pelepasan yang diikuti 40 peserta didik PPDS FK UNS berasal dari delapan Program Studi (Prodi). Sepuluh orang diantaranya merupakan penerima Beasiswa Tugas Belajar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI). FK UNS pun telah meluluskan sebanyak 313 lulusan penerima beasiswa tersebut.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D., selaku Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FK UNS, 40 orang peserta pelepasan terdiri dari empat orang wisudawan dari Program Studi (Prodi) Anestesiologi dan Reanimasi, tiga orang wisudawan dari Prodi Ilmu Bedah, sepuluh orang wisudawan dari Prodi Ilmu Penyakit Dalam, tiga orang wisudawan dari Prodi Jantung dan Pembuluh Darah, tiga orang wisudawan dari Prodi Orthopaedi dan Traumatologi, sebelas orang wisudawan dari Prodi Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi, dua orang wisudawan dari Prodi Ilmu Kesehatan Anak, serta empat orang wisudawan dari Prodi Radiologi.

Adhelia Kusuma Wardhani, dr., Sp.PD., Brilliant Van Fitof Songso Rhomado, dr., Sp.PD., Meutia Halida, dr., Sp.PD., Salma Asri Nova, dr., Sp.PD., menjadi lulusan dengan IPK tertinggi pada pelepasan kali ini. Mereka merupakan lulusan Prodi Ilmu Penyakit Dalam yang memperoleh IPK yang sama, yakni 3.93. Meutia Halida, dr., Sp.PD., juga menjadi lulusan dokter spesialis termuda. Dokter kelahiran Kebumen itu berusia pada saat lulus 30 tahun 7 bulan.

Selain itu, Prodi Radiologi menjadi prodi dengan rata-rata lama studi tercepat, yaitu 3 tahun 6 bulan. Hingga saat ini, FK UNS telah melepaskan sebanyak 1.556 orang dokter spesialis sejak awal berdirinya.

Dalam sambutannya, Dekan FK UNS, Prof. Reviono mengingatkan akan banyaknya tantangan ke depan. Kesuksesan dalam menghadapi tantangan tersebut ditentukan oleh tiga hal. Pertama, profesionalisme yang mana para dokter spesialis mampu menguasai kompetensi dengan sungguh-sungguh. Kedua, integritas setiap dokter spesialis dalam melayani masyarakat dengan bertanggung jawab. Terakhir, dokter spesialis perlu membangun serta memperbanyak jejaring dan silaturahmi dengan rekan maupun pihak lain.

FK UNS Lepas 40 Wisudawan Dokter Spesialis Periode Agustus 2022

“Kami sudah berusaha sekuat mungkin untuk memberikan bekal yang cukup (kepada para dokter spesialis) untuk berkarya di mana saja,” tutur Prof. Reviono.

Prof. Yunus selaku Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS berpesan untuk senantiasa memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan terkini. Beliau juga mendorong seluruh prodi di UNS untuk memiliki akreditasi internasional.

FK UNS Lepas 40 Wisudawan Dokter Spesialis Periode Agustus 2022

“Kedepan memang perkembangan ilmu pengetahuan tidak bisa kita remehkan, berkembang sangat cepat dan selalu dituntut untuk menyetarakan dengan kualitas internasional,” ujar Prof. Yunus. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Peringati Hari Tani, Tim PPK Ormawa HM Pelita UNS Gelar Sehati di Gentungan, Karanganyar

UNS --- Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa...

Tim PKM-RE UNS Deteksi Milk Protein Allergen melalui Karakterisasi Gen CSN2

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung di dalam tim Program...

Pemilihan Rektor UNS Masa Bakti 2023-2028 Dimulai, ini Harapan Prof. Jamal Wiwoho

UNS --- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Masa Bakti 2019-2023, Prof. Jamal Wiwoho,...

Resmi, UNS Launching Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor

UNS --- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi me-launching Panitia Penjaringan dan...

Riset Grup FISIP UNS Gelar Pelatihan Branding dan Marketing untuk UMKM Kedai Kopi di Solo

UNS --- Riset Grup (RG) pengabdian masyarakat Komunikasi Strategis, Fakultas Ilmu Sosial dan...

Tim PKM-RSH UNS Teliti Strategi Baru Penanganan Temper Tantrum pada Anak Autis

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

Tim PKM-RE UNS Mengembangkan Material Teragnostik untuk Penyakit Kanker dari Limbah Ampas Kopi

UNS --- Sejumlah  mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...

UPT KLI UNS Inisiasi Kerja Sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia

UNS --- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerja sama dan Layanan Internasional (KLI) Universitas Sebelas...

Mahasiswa FKIP UNS Sukses Raih Juara 2 Lomba Tepat Cepat Tingkat Nasional

UNS --- Rizki Wahyu Perdana, seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas...

Tim PKM-K FKIP UNS Luncurkan Produk Tas Multikapasitas Berbasis Edukasi

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam tim...