Kolaborasi Tiga Prodi, Effleurage Robot Karya Mahasiswa UNS Raih Medali Emas dalam Ajang Internasional

by | Feb 25, 2022 10:36 | Berita Terkini, Mahasiswa UNS

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali ukir prestasi di kancah internasional. Kali ini, prestasi tersebut diraih oleh tim kolaborasi tiga Program Studi (Prodi), yaitu Kebidanan, Kedokteran, dan Teknik Mesin. Mereka sukses menyabet medali emas kategori World Young Inventors Exhibition di ajang International Invention, Innovation, and Technology Exhibition (ITEX) Malaysia, Senin (14/2/2022).

Anggota tim yang terlibat antara lain Hafida Salsabila, Tri Rahmaji, Sukmo Utomo Abdillah Amin, Muzakiya Lailatul Karima, Hasna Fatin Hanifah, Muhammad Dzaky Musyaffa, Muhana Fawwazy Ilyas, Muhammad Dzaki Darmawan, Inas Nuha Mumtazah, Hanifah Fathimatuzzahrah, Gading Nasywaa Aji Azzahra, Shastri Cahyaningtyas, Hidayat Fatahillah. Tim ini mendapat bimbingan Dr. Revi Gama Hatta Novika, SST., M.Kes dan Ubaidillah, S.T., M.Sc., Ph.D dalam proses pengembangannya.

Dr. Revi Gama Hatta Novika, SST., M.Kes, selaku dosen pembimbing mengatakan bahwa pembuatan prototipe produk awalnya didanai dari Hibah MBKM, yang kemudian mendapatkan dukungan dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Indonesia untuk pengembangan produk tersebut. Produk ini bernama Effleurage Robot, yaitu inovasi untuk pengurang rasa nyeri pada ibu yang sedang mengalami kontraksi inpartu atau menjelang proses persalinan.

Dr. Revi mendiskusikan ide ini bersama Ubaidillah, S.T., M.Sc., Ph.D, Rufidah Maulina, SST., M.Sc, Siti Nurhidayati, S.S.T., M.Keb, dan Nurul Jannatul Wahidah, S.ST., M.Kes, serta para mahasiswanya.

“Ide tersebut dilatarbelakangi adanya ibu hamil yang terkonfirmasi  Covid-19 sehingga yang biasanya ibu hamil yang akan bersalin bisa ditemani keluarga untuk memberikan massage lembut (effleurage massage) guna meminimalkan rasa nyeri akibat kontraksinya. Namun, pada kondisi terkonfirmasi Covid-19 pasti membutuhkan teman untuk menggantikan tugas keluarga tersebut,” terang Dr. Revi, Kamis (24/2/2022).

Effleurage Robot merupakan robot kursi yang dapat melakukan pijat effleurage dengan usapan kuat, halus, dan lembut dibagian panggul ibu hamil untuk mengurangi rasa nyeri. Effleurage Robot juga dapat meringankan pekerjaan pendamping persalinan ibu hamil. Robot ini memiliki fitur yang mudah disesuaikan dengan kenyamanan pengguna, seperti dapat digunakan sembari berjalan, duduk, hingga berbaring. 

Kolaborasi Tiga Prodi, Effleurage Robot Karya Mahasiswa UNS Raih Medali Emas dalam Ajang Internasional

Penelitian untuk melihat efektivitas penggunaan Effleurage Robot ini sempat dilakukan di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS UNS) pada ibu hamil yang melakukan persalinan kala 1. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengurangan rasa nyeri yang signifikan. Sehingga, penggunaan Effleurage Robot pada ibu hamil yang sedang melakukan persalinan kala 1 sangat efektif.

Hafida Salsabila, selaku koordinator mahasiswa mengaku dapat banyak sekali pengalaman dan banyak belajar dari keikutsertaan pada hibah seperti ini. Inovasi ini sudah pernah diikutsertakan pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), kompetisi Esai Internasional, dan Hibah MBKM. Hingga pada akhirnya, di kompetisi yang sekarang mereka mampu meraih medali emas pada kategori Tertiary School dengan subtema Biotechnology and Health.

“Kami dari kebidanan dan kedokteran hanya bisa berimajinasi tentang suatu alat, tetapi untuk mewujudkan alat tersebut sangat membutuhkan keahlian dari teman-teman teknik mesin. Sehingga proses perakitan berjalan lancar dan bisa menjadi alat yang sekarang ini dapat digunakan,” tutur Hafida, Kamis (24/2/2022).

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Malaysian Invention & Design Society (MINDS) sejak 1989 dan diikuti oleh peserta dari berbagai negara. ITEX adalah platform bagi para peneliti untuk mempresentasikan penemuan dan inovasi mereka kepada komunitas bisnis yang tertarik untuk mengkomersialkan penemuan baru dan selalu diikuti oleh universitas, lembaga penelitian, penemu individu, penemu muda, dan perusahaan. Humas UNS

Reporter: Rangga Pangestu Adji
Editor: Dwi Hastuti

Viral di Tiktok, Aksi Bersih-Bersih Sampah oleh Mahasiswa UNS Tuai Pujian Warganet

UNS --- Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang tergabung dalam beasiswa Rumah...

Prodi Magister Pendidikan Sains FKIP UNS Bersama PPII Jateng Selenggarakan Webinar Nasional

UNS --- Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan...

Peringati Hari Gizi Nasional, Rumah Sakit UNS Gelar Talkshow Bahas Stunting

UNS --- Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) ialah dengan...

LPM Novum FH UNS Gelar Webinar Bahas Dekadensi Regulasi Perlindungan Anak

UNS – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Novum Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS)...

Bagaimana Keikutsertaan Masyarakat dalam Mewujudkan Siaran Berkualitas? Berikut Tanggapan Pakar Hukum UNS

UNS --- Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi semakin berkembang cepat terlebih di era...

FK UNS Jalin Kerja Sama dengan LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah

UNS --- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjalin kerja sama...

Koordinasi Kemitraan antara UNS dan SEA Today Bahas Beberapa Kesepakatan

UNS --- Rapat bersama antara Pusat Unggulan Iptek (PUI) Perguruan Tinggi (PT) Center of Fintech...

Prodi S-3 Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Luluskan Doktor Baru

UNS — Program Studi (Prodi) S-3 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)...

Tergabung dalam Dhaharan.id, Mahasiswa UNS Gelar Bakti Sosial di Dua Tempat

UNS --- Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar bakti sosial di...

FEB UNS Jalin Kerja Sama Pengabdian dengan BNI Hong  Kong

UNS --- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama...