UNS Beri Penghargaan kepada 13 Alumni Berprestasi Tahun 2022

Puluhan Doktor Baru di UNS Diberi Penghargaan

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan apresiasi melalui penghargaan yang dianugerahkan kepada alumni berprestasi pada tahun 2022. Sebanyak 13 alumni berprestasi diberi anugerah khusus yang disampaikan pada malam Inaugurasi Penganugerahan Penghargaan Alumni Berprestasi dan Doktor Baru UNS Tahun 2022 pada Kamis (10/3/2022) malam.

Ketiga belas alumni berprestasi tersebut terdiri atas 11 wakil fakultas, 1 wakil Sekolah Vokasi, dan 1 wakil Sekolah Pascasarjana. Kiprah dan kontribusi para alumni dalam pengabdian mereka di masyarakat melalui profesi masing-masing yang menjadi indikator utama pemilihan alumni berprestasi kali ini.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho menyampaikan secara langsung penghargaan tersebut. Beliau berharap para alumni berprestasi dapat meningkatkan kiprahnya di masyarakat melalui karier dan profesi masing-masing serta dapat mengharumkan nama UNS di berbagai lini.

“Momentum yang memberikan gambaran kebersamaan dengan alumni berprestasi pada penghargaan tahun ini dalam kiprahnya lebih dulu kiranya dapat meningkatkan kinerja di tempat kerja masing-masing dan di tengah masyarakat pada khususnya dalam perjalanan waktu saat ini dan waktu yang akan datang. Jaminan kekeluargaan di IKA UNS senantiasa akan meningkatkan dan menumbuhkembangkan, saling bahu membahu, saling bantu membantu, bergandengan tangan dalam pengabdian diri di tengah masyarakat sesuai karier profesi masing-masing,” ungkap Prof. Jamal.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS, Ir. Budi Harto, M.M. juga berharap para alumni berprestasi ini dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat melalui profesi masing-masing. Selain itu, para alumni berprestasi dapat memberikan mentoring atau pendampingan kepada alumni-alumni muda supaya dapat semakin berkembang.

“Penghargaan ini mengandung maksud dan arti serta tanggung jawab kita bersama bahwa kehadiran alumni berprestasi sebenarnya dibutuhkan sekali dalam pengembangan-pengembangan alumni khususnya alumni muda. Oleh karena itu, saya mohon kepada rekan-rekan alumni berprestasi untuk berkenan ber-sharing menyapa alumni-alumni khususnya alumni muda supaya para alumni muda memberikan mentoring memberikan binaan sehingga para alumni kita dapat berprestasi di masyarakat sesuai penugasannya masing-masing,” ujar Budi Harto.

Tiga belas alumni berprestasi tersebut yakni Dra. Veronika W.R. Andrews, MBA. (alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik), Dr. Kandar, MAP. (alumnus Fakultas Ilmu Budaya), Imam Bustomi, S.Si., M.M. (alumnus Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Dr. Muhammad Aziz Ariyanto, M.Pd. (alumnus Fakultas Keolahragaan), Brigjen TNI dr. Rahmat Saptono, Sp.OG. (alumnus Fakultas Kedokteran), Zulkarnaen Hasan basri, S.Sn. (alumnus Fakultas Seni Rupa dan Desain), Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd. (alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), Ir. Warjito, M.Si. (alumnus Fakultas Pertanian), Sakwar Sanudin, S.T. (alumnus Sekolah Vokasi), Ahmad Zabadi, S.H., M.M. (alumnus Fakultas Hukum), Novita Dewi, S.E., M.M. (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Dr. Ir. AR. Hanung Triyono, M.Si. (alumnus Sekolah Pascasarjana), dan Anita Feng S,.T., M.M. (alumnus Takultas Teknik).

Dra. Veronika W.R. Andrews, MBA. yang saat ini berkarier di Boeing Commercial Airplanes berkesempatan untuk memberikan sambutan mewakili para alumni berprestasi lainnya. Veronika mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan tanggung jawab yang besar bagi mereka.

Puluhan Doktor Baru di UNS Diberi Penghargaan

“Malam ini, saya mendapatkan kehormatan untuk mewakili teman-teman alumni berprestasi UNS untuk memberikan kata sambutan. Saya dan teman-teman alumni berprestasi merasa terhormat dan bangga atas kepercayaan UNS memilih kami sebagai alumni berprestasi mewakili teman-teman kita yang lainnya. Ini adalah suatu kebanggaan kita tetapi juga merupakan tanggung jawab yang besar di pundak kami masing-masing,” tutur beliau.

Veronika menekankan bahwa peran alumni sangat penting untuk dapat bersinergi dengan universitas. Peran yang dapat dilakukan para alumni di antaranya memberikan masukan dan program nyata bagi perguruan tinggi, membangun opini publik tentang perguruan tinggi, menjadi relasi dan memperluas jaringan perguruan tinggi, serta menjadi sumber informasi dunia kerja dan usaha bagi lulusan baru.

Selain memberikan penghargaan untuk alumni berprestasi, UNS juga memberikan penghargaan untuk para doktor baru di lingkungan UNS. Sebanyak 38 doktor yang baru saja merampungkan studi doctoral diberi penghargaan oleh UNS. Humas UNS

Reporter: Ida Fitriyah
Editor: Dwi Hastuti

Skip to content